Senin, 09 Maret 2009

Persahabatan Bagai Bola Pingpong!

Untuk kamu semua yang punya sahabat.















“Sahabat adalah dia yang menghampiri ketika seluruh dunia menjauh, karena persahabatan itu seperti tangan dengan mata. Saat tangan terluka, mata menangis. Saat mata menangis, tangan menghapusnya”.

Kalimat indah itu dikirimkan via pesan singkat minggu lalu oleh Wahyu, salah seorang sahabatku. Membacanya membuat aku termenung sejenak, mencoba memaknai indahnya sebuah persahabatan dalam persinggahanku di dunia ini.

Kalo penyanyi Sindentosca dalam lirik lagunya menganologikan persahabatan bagai kepompong, boleh dong kalo aku mengibaratkan persahabatan itu bagai bola pingpong? Lho, kok?

Kamu tahu bola pingpong kan? Bola pingpong itu akan terus memantul dan berada dalam papan permainan jika masing-masing pemain yang berseberangan saling menjaga agar bola itu tidak sampai melesat keluar arena permainan. Jika salah satu pemain lalai menjaganya atau sengaja memukulnya terlalu keras, maka bola pingpong itu akan melesat dan lalu jatuh entah dimana. Begitulah dengan persahabatan. Dibutuhkan kemauan dan komitmen bersama untuk menjaganya. Persahabatan tak akan bisa terjalin jika bertepuk sebelah tangan.


Persahabatan memang tidak selalu berjalan mulus. Kadang perselisihan, kesibukan, perbedaan pendapat, bisa menyebabkan persahabatan menjadi renggang, bahkan menjauh. Hanya sahabat sejatilah yang mampu dengan cepat menjadikannya kembali hangat. Karena bagi seorang sahabat sejati, tak akan merasa pedih meski tersakiti, tak akan merasa perih walau terluka, tak ada ruang untuk menyimpan kemarahan, dan tak ada tempat bagi dendam. Karena seorang sahabat sejati memiliki maaf seluas samudra, punya ketulusan untuk memahami, punya kebahagiaan berbagi, dan punya kesetiaan untuk menghampiri.

Persahabatan itu bagai bola pingpong! Menunggu digulirkan, dimainkan dan dijaga agar terus memantul membentuk harmoni. Dan kamu pasti sependapat denganku, bahwa persahabatan akan membuat hidup kita menjadi lebih berwarna, karena banyak hal yang bisa kita lalui bersama sahabat-sahabat sejati kita. Dan tahukah kamu, bahwa jika terus dipeluk erat dalam dekapan, persahabatan sejati bisa lebih indah dari cinta, karena ia akan tumbuh menjadi kasih dan kasih itu abadi...

2 komentar:

  1. Persahabatan adalah keindahan.. Bravo buat sahabatku!!

    BalasHapus
  2. salam,...
    bukan hanya manusia yang membutuhkan cinta & kasih sayang, tapi bumi sesungguhnya juga membutuhkan karena bumi selalu mencintai manusia..
    Congratulation Ya bu...

    BalasHapus