Minggu, 17 Mei 2009

Perbedaan Itu Indah Bagai Pelangi























Mengapa pelangi bisa terlihat sangat indah? Jawabannya adalah, karena pelangi memiliki banyak warna-warni yang berbeda. Ada merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Berbagai macam warna itu saling berhimpitan sehingga membentuk nuansa yang sangat indah penuh harmoni. Bayangkan jika pelangi itu hanya terdiri dari satu warna saja!

Begitulah seharusnya kita melihat perbedaan. Dan hanya dengan membuka mata hati, kita akan bisa melihat perbedaan itu bagai warna-warni pelangi. Sayang kita tidak selalu bisa membuka mata hati, hingga terkadang perbedaaan justru dijadikan alasan untuk memenangkan ego bertopeng nurani. Yang akhirnya akan menorehkan luka dan bahkan menyakiti…

Puisi di bawah ini aku tulis sebagai ungkapan hati yang mempertanyakan kenapa manusia masih sering mempersoalkan perbedaan. Aku persembahkan untuk kamu semua yang mau membuka mata hati, dan special untuk sahabatku Gaby dan Dayu, “perjuangkan terus cintamu!”.


Galau
(Mengapa manusia menjadikannya berbeda)

Gemerlap bintang
Rembulan berbinar
Yang kulihat hanya langit malam...
Aku terus melangkah dalam keremangan, berusaha kokoh akan sebuah keyakinan.
Berbekal asa berbalut tanya yang entah kemana bermuara,
Jalan terasa panjang tak berkesudahan,
Yang kucari entah dimana tersembunyi, namun aku bisa rasakan begitu dekat.
Darahku deras berdesir, batinku lantang berbisik,
”Kamu akan menemukannya...!”

Aku terus mencoba mencari
Menepis segala galau yang membelenggu
Hingga aku tak kuasa lagi berdiri
Lunglai bersimpuh mengadu padaMU
Mengiba berharap Engkau menepis segala risau
Memberi jawab akan sebuah tanya yang selama ini begitu rumit

Tuhan, bukankah kami semua karya ciptaMU?
Tidakkah kami semua adalah kekasihMU?

Tapi mengapa manusia menjadikannya berbeda
Menutup mata hati hingga menorehkan luka
Memasung cinta pada belenggu berukir kamu bukan aku
Menggerus kasih tulus beralas makna semu
Tuhan, ijinkan aku,
Mencerna jawabMu atas segala tanyaku,
dengan mendengar bisik lirih hati kecilku
Aku yakin itu bisikkanMU...


1 komentar:

  1. Perbedaan itu indah loh.......
    Karena dengan perbedaan kita dapat bersatu, begitu juga dangan pelangi kalau disatukan akan menjadi warna putih.......
    Semua manusia diciptakan berdasarkan beragam karakter, itulah Tuhan yang Maha Agung.
    Dia menciptakan kita dengan perbedaan, tapi kita harus bersatu.
    Kegalauan adalah keresahan kita bagaimana menghadapi suatu masalah. Nah orang hidup juga berpelangi, senang, bahagia, sedih, resah, galau, cinta dan tentram mungkin ada beberapa lagi.
    Bukankah itu juga keindahan, banyak lagi yang kita dapat dari kata keindahan. Pelangi adalah kumpulan warna, tapi kalau digabungkan akan menjadi satu warna yakni putih. Wah begitu banyak orang seperti penulis ini mungkin dunia akan sejuk, damai, damai, adil, sejahtera dan tentram........

    BalasHapus